KIAT SUKSES

Gunakan Kekuatan Sabar


   Anda dapat menangani kebanyakan masalah karena anda menyadari bahwa ada waktu yang memisahkan antara anda dengan tujuan anda. Anda mungkin perlu menelpon sebanyak dua puluh kali untuk mampu menjual sesuatu. Sabarlah. Anda mungkin perlu mencoba sampai lima kali untuk bisa berhenti merokok atau menurunkan berat badan. Anda. Anda mungkin perlu mengirim sepuluh lamaran kerja untuk mendapatkan pekerjaan yang benar-benar anda inginkan. Intinya adalah, bahwa anda harus berusaha dan terus berusaha sampai anda berhasil. Kebanyakan orang berhenti terlalu cepat. Tetaplah tekun. Tetaplah sabar. Konsentrasilah pada tujuan utama anda sampai anda mampu mencapainya. Inti permasalahannya bukan pada apa yang anda kerjakan kemarin. Bukan juga pada apa yang bisa anda kerjakan hari ini. Tetapi inti dari semua itu adalah apa yang anda persiapkan untuk dikerjakan setiap hari. Yakni ketika di pagi yang dingin anda yang sebenarnya ingin melanjutkan mimpi anda, malah bangun dan pergi berolahraga.Itulah saat-saat yang berarti.

   Ingatlah bahwa seluruh kekayaan, bisnis, real estate dan harta benda lain, pada akhirnya akan diwariskan oleh para pendahulu kepada generasi berikutnya. Bersiap-siaplah. Waktu anda akan segera datang.

 Pertahankan Sikap Mental Positif


   Sikap mental yang positif merupakan hasil dari kehidupan yang didedikasikan untuk pengembangan diri dan pelayanan. Dengan komitmen pribadi untuk melakukan hal yang terbaik hari ini, anda tidak perlu terlalu memikirkan hari esok. Anda akan mempunyai kepercayaan bahwa hal-hal baik akan terjadi seperti halnya anda punya keyakinan bahwa jika suatu saat muncul masalah, maka anda akan mempunyai kekuatan dan ketrampilan untuk menangani, mengambil alih dan kemudian menaklukkannya. Anda adalah orang yang tegar. Anda tidak akan mengijinkan keraguan-keraguan anda merusak mimpi-mimpi anda. Harapan membuat musim semi menjadi abadi.

   Anda akan berterima kasih karena punya minat untuk terus belajar. Anda akan bersyukur karena mendapati banyak kesempatan yang mendatangi anda. Anda akan berterima kasih karena punya kepribadiaan untuk selalu menjalin pertemanan. Pikiran anda hanya mampu menangani satu ide saja disetiap satu kesempatan, maka jadikanlah satu ide tersebut positif. Hitunglah berkah yang anda terima. Jalan menjadi bersih. Dunia menjadi tempat yang lebih baik karena anda berada didalamnya.

 Berani Mengambil Resiko Gagal


   Bersiap-siaplah. Saat ini adalah saat yang paling baik bagi anda untuk memulai tindakan-tindakan yang positif. Anda selalu berlatih dan anda punya kepercayaan diri dalam mempersiapkan tindakan anda. Jangan biarkan diri anda dikalahkan oleh keraguan. Anda menyadari bahwa saatnya akan datang dimana anda harus bertindak. Jika anda ragu terlalu lama, keraguan tersebut akan selalu menyelimuti dan berubah menjadi ketakutan. Ya, anda bisa tersandung. Ya, anda bisa ditolak. Ya, anda mungkin gagal. Inilah hidup. Para penakluk kehidupan setuju bahwa dalam berusaha mereka mungkin harus menyesuaikan dirinya, bahkan memulainya kembali berkali-kali. Perbedaan antara orang sukses dengan yang lainnya bukan pada apakah anda membuat kesalahan atau bahkan gagal untuk sementara waktu, tetapi perbedaanya pada bagaimana respon anda..

   Kebanyakan orang mencari jaminan sebelum mengambil tindakan. Namun, dalam usaha pencarian jaminan tersebut, mereka sering menerima peringatan yang dapat dengan mudah digunakan sebagai alasan untuk tidak bertindak. Waspadalah, karena mereka yang paling mencintai andalah yang mungkin memperingatkan anda paling keras agar tidak mengambil resiko.

 Jadilah Tangguh


   Tangguh berarti anda bertekad untuk berdiri tegak dan gigih. Bahkan ketika pikiran dan tubuh anda memberi sinyal yang jelas agar anda menyerah, anda tetap berdiri. Tangguh jenis ini jelas sekali maknanya. Kita sebenarnya bisa melihat ketangguhan setiap hari jika kita mau mengamatinya. Tangguh bisa menjelma sebagai pasien yang sedang menjalani treatmen penyakit kanker atau seorang janda yang berjuang membesarkan putra-putrinya. Tangguh bisa menjelma dalam ujud pecandu alkohol yang siap menghadapai penyembuhan/rehabilitasi atau seorang atlit yang hidupnya diatas kursi roda. Tangguh bisa berupa menolak pujian palsu dan secara jujur menerima diri anda dan anak-anak anda apa adanya. Ketangguhan adalah kemampuan seseorang untuk membuat yang terbaik dari apa yang diberikan kepadanya. Tangguh adalah membuat keputusan untuk merubah sikap mengasihani diri, suka mengeluh dan selalu bergantung menjadi percaya diri, mandiri dan bertindak.

   Anda harus tangguh dalam melaksanakan hal-hal besar dalam hidup, seperti mengambil resiko, mengakui kesalahan, dan mengubah kebiasaan buruk. Anda harus tangguh dalam melakukan hal-hal kecil seperti menggigit lidah anda, menunggu giliran anda, menerima dan sabar menghadpai orang-orang yang tidak mengerti. Keyakinan dan kepercayaan diri menuntut ketangguhan anda. Dan ada saatnya anda harus memperlunak kekerasan/ketangguhan anda menjadi kebaikan, karena anda menyadari bahwa seringkali kita harus keras dan tangguh untuk menjadi baik. Namun demikian tetaplah jadi orang baik.

 Ciptakan Perubahan


   Status quo mungkin kondisi yang menyenangkan, namun karena harus terjadi perkembangan, maka harus ada perubahan. Karena anda mencari perkembangan, maka anda harus mencari perubahan. Jangan anda lihat lingkungan anda sebagaimana adanya, namun bagaimana seharusnya dan seyogyanya. Anda mencari perubahan karena anda perlu mencari jati diri yang lebih baik sehingga anda dapat memainkan peran anda dalam menciptakan dunia yang lebih baik.

   Pertama, ubahlah diri anda sendiri. Bisakah anda mengubah hari-hari anda dan menghabiskan lebih banyak waktu untuk keluarga anda? Bisakah anda mengubah rutinitas makan siang anda dan menyempatkan waktu untuk berjalan-jalan? Dapatkah anda saat pulang dari kantor menyempatkan diri untuk berhenti sejenak di panti asuhan selama dua puluh menit dan mengunjungi sesorang yang tidak pernah di kunjungi orang lain? Bisakah anda mengubah kantor anda dan menyempatkan waktu untuk menghubungi lebih banyak orang lagi Apakah konsekuensi dari tidak adanya perubahan? Sadarlah bahwa banyak orang yang tidak membuat perencanaan karena mereka tidak ingin mengambil resiko dari perubahan.. Tidak melakukan banyak hal dalam hidup anda adalah hal yang lebih mudah dan aman daripada mengambil resiko, tapi anda akan menjadi orang yang kerdil. Maka dari itu carilah perubahan yang bisa membuat anda menjadi semua yang anda inginkan.

 Berusahalah Untuk Lulus Ujian


   Hidup adalah ujian dan inti dari ujian tersebut adalah seberapa besar perhatian yang anda berikan untuk mengembangkan diri anda dan membantu orang lain. Ketika ujian anda di nilai, maka anda harus tunjukkan dalam bidang apakah kesuksesan telah anda raih: belajar, kerja keras, kepribadian, bakat, ketrampilan, kesempatan, hubungan, sikap melindungi, atau keberuntungan? Sukses yang anda dapatkan dan simpan sendiri tidak akan mendapatkan penghargaan. Semakin besar anugerah yang anda dapatkan, maka semakin besar tanggung jawab anda untuk berbagi keberuntungan tersebut dengan orang lain.

   Gunakan bakat-bakat khusus anda agar bermanfaat untuk kebaikan bersama. Usahakan agar tindakan-tindakan anda didasari oleh komitmen untuk beramal dan keadilan. Jadilah orang yang pengasih, murah hati dan bertenggang rasa. Bebaskan diri anda dari kecintaan terhadap materi. Prinsip-Prinsip Bertindak adalah panutan anda. Saat ini adalah saat yang tepat untuk merenungkan anugerah-anugerah yang anda dapatkan. Mulailah menghitung nilai anda.

 Terimalah Perbedaan


   Lihatlah setiap orang sebagai individu dan bukan sebagai bagian sebuah kelompok. Seluruh manusia dari seluruh negara dan budaya pada dasarnya adalah sama tanpa memandang ras, warna, keyakinan atau jenis kelamin. Percayalah dengan keyakinan dan kepercayaan bahwa sebagian besar orang-orang yang anda temui, jadikan teman atau ajak ber bisnis lebih banyak persamaannya daripada perbedaannya dengan anda.

   Orang pada dasarnya baik. Sebagian besar orang bertindak baik. Mereka tidak punya maksud menyakiti anda dan akan membantu anda pada saat anda membutuhkan. Jangan buang-buang waktu anda untuk memikirkan yang sebaliknya. Jangan menjadi pihak yang membuat rumor atau gosip.

   Tolaklah kebijakan yang bersifat stereotip, memecah belah dan merendahkan diri yang mengelompokkan orang kedalam kategori-kategori. Jadilah orang pertama yang membangun jembatan toleransi dan kesepahaman.

 Master Sukses


   Ada master di dalam diri anda yang menjadi panutan. Master tersebut adalah anda pada kondisi yang terbaik. Teruslah berusaha.

   Anda tenang, tenggang rasa, sabar dan percaya diri.

   Anda jujur, dapat dipercaya, bertanggung jawab dan dapat diandalkan.

   Anda loyal dan menarik.

   Anda rendah hati dan menghormati orang lain.

   Anda tagguh, percaya diri, tekun dan pekerja keras.

   Anda terorganisir, anggun dan stabil.

   Anda selalu ingin tahu dan mau di ajar.

   Anda sehat, bersemangat dan entusiastik.

   Anda baik hati, bersahabat, suka membantu dan dermawan.

   Anda berani dan gigih.

   Anda bermoral dan beretika

 Pancarkan Antusiasme Anda


   Menerapkan Prinsip-Prinsip Bertindak kedalam kehidupan nyata akan mempertinggi jiwa anda dan mengangkat semangat anda. Anda akan merasakan kenikmatan dan semangat untuk hidup. Anda akan menjalani hari-hari yang penuh dan lebih baik. Hal ini terjadi karena anda telah memanfaatkan saat-saat hening anda untuk berpikir, mengorganisasikan dan memprioritaskan hidup anda. Anda akan mencintai banyak hal dan hal-hal tersebut akan menjadi bagian dari hari-hari anda. Anda akan selalu berada di bawah kendali. Setiap hari anda akan melakukan hal-hal baik untuk diri anda sendiri maupun orang lain. Kata-kata seperti membosankan, ejekan, tidak berarti, akan jarang mewarnai kerja dan hubungan anda.

   Dengarlah CD kesukaan anda. Telponlah teman. Bacalah buku-buku yang bagus. Tersenyumlah. Dengarkan. Lihat. Rasakan. Baui . Jalan-jalanlah dan lihat seluruh keajaiban dunia anda. Tunjukkan kepada semua orang bahwa hidup adalah suatu yang berharga.

   Jadilah seorang motivator. Tanyai orang lain tentang tujuan mereka dan bagaimana anda mungkin membantu mereka. Buatlah orang-orang merasa menjadi bagian dari sebuah tim yang berhasil. Mintai mereka masukan. Yakinkan bahwa setiap orang terlibat dan di beri informasi. Berikan insentif kinerja. Cari kesempatan untuk memuji dan memberi imbalan. Antusisme adalah sesuatu yang mudah menular.

 Sambutlah pemula


   Anda masuk sekolah karate untuk pertama kalinya dan melihat tendangan, jotosan, ganjalan, pukulan kebawah dan lemparan. Pengalaman pertama ini bisa mengintimidasi anda jika anda tidak pernah melakukan hal tersebut sebelumnya. Atau anda mungkin terlihat dan merasa kaku saat pertama kali belajar ski salju atau rollerblade atau belajar bahasa asing. Namun demikian tetaplah tekun; hari itu adalah hari pertama anda dan setelah itu tidak ada lagi hari pertama yang lain.

   Setiap mengawali usaha baru mungkin akan terasa berat. Terimalah hal itu. Anda harus percaya pada diri anda sendiri. Pada awalnya kritik akan dengan membuat ide dan tujuan anda tampak seakan-akan bodoh serta tidak realistis. Namun, ketika anda mencapai keberhasilan, setiap orang akan mengklaim telah berada di dalam tim anda sejak awal. Bertindaklah dan tekunlah. Sambut mereka yang mencoba, karena langkah pertama sering merupakan langkah yang tersulit. Sambutlah para pendatang baru.

 Hadiahi Diri Anda Dengan Kemandirian


   Jika ada satu hadiah yang bisa anda berikan kepada diri anda sendiri, yang mampu meningkatkan kualitas hidup anda secara umum, maka hadiah itu adalah kemandirian. Dengan mempunya kemampuan untuk mengandalkan diri sendiri anda telah mempunyai segala yang anda perlukan untuk berhasil. Anda bisa bekerja dengan jadwal anda sendiri untuk mencapai tujuan anda tanpa merasa ditekan oleh permintaan orang lain.

   Saat anda mandiri dan anda kehilangan pekerjaan, maka anda akan mendapatkan pekerjaan lainnya. Jika anda kehilangan pekerjaan tersebut, anda akan memulai usaha anda sendiri. Jika anda menerapkan Prinsip-Prinsip Bertindak, sebagai tukang serabutan pun anda akan bisa menghasilkan lebih banyak uang daripada seorang pengacara yang malas. Anda perlu kemauan, kepercayaan diri dan rencana yang realistis. Sebagai pengikut Prinsip-Prinsip Bertindak, anda akan mendapatkanya semuanya. Kehidupan tidak akan bisa menjatuhkan anda karena anda mengendalikan diri anda sendiri.

 Memimpin Dengan Contoh


   Mulailah bertindak sebagai orang yang berkarakter dengan reputasi yang bisa diandalkan. Kata-kata anda, gaya anda, perilaku anda, pakaian anda, postur anda dan tindakan-tindakan anda semuanya adalah refleksi diri anda. Di masyarakat modern, orang-orang secara terus menerus dibombardir dengan pesan-pesan visual dan audio. Orang-orang perlu petunjuk untuk membedakan hal-hal baik dari hal-hal yang buruk dan mereka juga perlu tatanan sehingga mereka dapat membuat keputussan. Di banyak aspek kehidupan anda sehari-hari, anda sering mengirimkan petunjuk baik positif maupun negatif. Jika anda berbicara dengan baik, berpakaian serasi, tersenyum, ramah tamah, bekerja keras, ikhlas dan tidak mengeluh, maka anda memberi jalan pintas kepada orang lain untuk memandang anda pada saat terbaik anda.

   Jangan pernah berharap agar orang lain melakukan apa yang tidak anda lakukan. Anda harus adil, tegas, bersahabat dan bisa diharapkan. Jika anda harus mengoreksi seseorang, lakukan hal itu secara pribadi. Anda telah berhasil menjadi seorang pemimpin jika kelompok anda tetap bekerja dengan baik tanpa kehadiran anda. Terus cari pahlawan-pahlawan dalam kehidupan anda untuk anda kagumi dan tiru. Contohlah gaya-gaya mereka. Pimpinlah dengan contoh.

 Kendalikan Konflik


   Tetap tenang dan tidak memihak. Biarkan yang lain membabi buta, sementara anda mempertimbangkan respon yang tepat. Apakah anda sebaiknya mencari alasan, setuju, meminta maaf, bertempur atau meninggalkan gelanggang? Pilihlah mana yang menguntungkan anda dan mereka yang anda lindungi. Berargumen sering membuat pihak lain menjadi semakin lebih defensif dan gigih untuk mencari kemenangan. Lepaskan kemarahan anda. Kemarahan tersebut hanya semakin mempergelap masalah dan mendorong anda untuk mengambil respon gegabah. Jika memungkinkan, gunakan kebaikan sebagai senjata anda melawan keburukan. Netralkan teriakan-teriakan dengan kata-kata lembut. Jawablah ancaman dengan keyakinan yang menenangkan. Berbicaralah dengan sederhana. Jangan menggunakan kata-kata kotor atau sarkasme. Tarik nafas yang dalam dan hembuskan pelan-pelan. Kikislah kemarahan dari diri anda. Jangan terlalu membesar-besarkan sesuatu. Jangan berbohong. Seranglah argumennya bukan orangnya.

   Hubungan jangka panjang hampir selalu lebih penting dari pada masalah-masalah jangka pendek, Jadilah pembuat perdamaian yang aktif, yang membangun jembatan kesepahaman.

 Dengarkan Insting Anda


   “Saya merasa nggak nyaman disini. Saya tidak suka suara ini. Tampaknya kok nggak bagus buat saya.”

   Jika berkaitan dengan tubuh dan lingkungan sekeliling anda, insting anda adalah sistim peringatan dini yang terbaik. Dengarkan suara dari dalam diri anda. Dengarkan indra anda. Pergilah ke dokter. Tinggalkan pesta. Menyingkirlah dari orang-orang ini. Berhentilah bekerja. Jangan buka pintu itu. Berlindunglah di dalam toko itu. Dunia adalah tempat yang tidak sempurna. Terdapat banyak tempat-tempat dan orang-orang yang berbahaya didalamnya.

   Pada saat tertentu, insting anda mungkin tidak bekerja dan anda merasa bodoh. Anda membuat kesalahan yang bisa mengancam keselamatan anda dan insting anda mungkin menyelamatkan anda dari bahaya. Beri diri anda ruang dan waktu untuk mempertimbangkan pilihan-pilihan anda. Jika anda melakukan sesuatu yang berlawanan dengan insting anda, maka anda termasuk nekat

 Hadapi Ketakutan


   Pengetahuan, latihan dan keberanian adalah senjata anda melawan ketakutan.

   Seseorang berani meloncat keluar dari pintu pesawat di ketinggian 2.000 kaki tanpa keraguan. Yang lain mampu berdiri dan berpidato didepan 2.000 hadirin tanpa berkeringat sedikitpun. Ketakutan bisa masuk akal dan tidak masuk akal, namun demikian ketakutan adalah sesuatu yang selalu pribadi dan nyata. Setiap orang takut terhadap sesuatu.

   Untuk mengurangi ketakutan, pertama anda harus menghadapinya. Terjun bebas atau pidato yang ke seratus kali tidak akan se traumatis dibandingkan saat-saat melakukannya pertama kali dulu. Cara terbaik mengatasi ketakutan pertama adalah dengan mengkombinasikan antara logika dan keberaniaan. Logikanya, mereka yang terjun bebas dari pesawat atau berpidato tidak akan meninggal. Mereka berhasil karena persiapan. Jika perlengkapan anda benar dan pelatihan anda lengkap, maka anda akan siap untuk terjun. Jika pidato anda disiapkan dengan seksama dan dipraktikkan, maka anda siap untuk berbicara.

   Bergaulah dengan orang yang percaya diri. Anda telah melihat banyak orang telah melakukan sesuatu yang anda takutkan. Sekarang, lakukan yang telah mereka lakukan. Keberanian tumbuh bersama dengan tindakan. Ketakutan muncul karena anda mempelajarinya maka belajarlah untuk meninggalkannya. Setelah menghadapi ketakutan tersebut anda akan merasa gembira dan lepas. Tanpa ketakutan, maka tidak akan ada keberanian. Ketakutan memberi kesempatan untuk berani.

 Jangan Menjadi Perfeksionis


   Berusaha untuk sempurna membutuhkan terlalu banyak waktu dan usaha. Usaha ini menciptakan terlalu banyak stress dan bagaimanapun juga merupakan sesuatu yang tidak mungkin. Sebagai gantinya berjuanglah untuk rileks sampai ke level 90%. Level ini adalah level penguasaan pribadi (personal mastery). Dengan mengikuti Prinsip-Prinsip Bertindak, mencapai level 90% dari usaha-usaha keuangan dan sosial anda merupakan sesuatu yang bahkan tidak harus anda pikirkan. Hal ini akan terjadi melalui ketekunan, kegigihan, kerja keras dan kepribadian menarik anda.

   Sekarang, pelajarilah tingkat pendapatan dan gaya hidup dari 10% mereka yang tertinggi di profesi anda. Jika anda tidak puas mendapatkan penghasilan melebihi 90% teman sekerja anda, maka pilihlah profesi lainnya.

   Anda tentu saja boleh berusaha terlalu keras dalam ber bisnis, latihan dan berhubungan dengan orang lain. Namun terlalu banyak pekerjaan bisa menimbulkan stress dan kecemasan, yang merupakan kebalikan dari kedamaian mental yang anda cari-cari. Hal terbaik yang anda lakukan merupakan sesuatu yang cukup baik. Hiduplah dengan standard tinggi, namun jangan hidup dengan obsesi yang tidak mungkin

 Selalu Beradaptasi


   Dalam kehidupan sehari-hari yang penuh dengan cinta terhadap banyak hal, anda masih tetap mungkin untuk bisa beradaptasi. Jika hujan turun ditengah perjalanan anda ke pantai, maka anda bisa pergi menonton. Jika anda harus menunggu sebuah janji, jangan kesal dan marah. Telponlah beberapa orang atau bekerjalah berdasarkan jadwal anda. Jika anda terjebak macet, nikmati kaset kesukaan, radio atau CD anda. Bawalah selalu buku dan anda tidak akan pernah sendirian. Hal-hal kecil tidak akan mengecewakan anda jika anda siap mengganti satu hal yang menarik dengan hal menarik lainnya

 Berpikir Menang-Menang


   Berpikir menang-menang adalah kerangka berpikir untuk mencari keuntungan timbal balik dan didasarkan pada saling menghormati. Hal ini berkaitan dengan tawar menawar yang adil, berpikiran terbuka dan masuk akal terhadap semua pihak. Berpikir menang-menang berkaitan dengan kompromi dan keinginan tulus untuk mencari penyelesaian jalan tengah. Cara berpikir ini tidak akan mengambil keuntungan karena anda dipercaya bertindak dengan kehormatan.

   Berpikir menang-menang adalah cara berpikir yang berada dalam konteks berkelebihan. Kita berbicara tentang “kue” yang sangat besar dan terus mengembang, kesempatan, kekayaan dan kemakmuran yang berlimpah, bukan kompetisi yang kering dan penuh dengan permusuhan.

 Banggalah


   Banggalah terhadap diri anda dan nilai-nilai serta kepercayaan yang anda yakini. Banggalah terhadap pendidikan, kerja dan prestasi pribadi anda. Banggalah terhadap pasangan anda, anak-anak anda dan keluarga besar anda. Banggalah terhadap rumah tangga dan lingkungan dimana anda tinggal. Banggalah terhadap negara anda. Banggalah akan tubuh anda, penampilan pribadi anda dan perilaku anda. Banggalah terhadap tim-tim olah raga dan organisasi budaya yang anda dukung. Banggalah terhadap pegawai pemerintah anda jika mereka melayani masyarakat dengan ikhlas.

   Jangan takut menunjukkan diri anda, karena anda bertindak dengan keberanian dan kasih saying. Beritahu orang lain, dan berbahagialah karena anda menampilkan diri anda yang terbaik. Ajari yang lain, sehingga mereka juga akan mempunyai kebanggaan.

 Ambil Keputusan


   Anda tidak perlu menunggu ijin untuk melakukan hal-hal baik. Tegaslah. Ambil inisiatif Dapatkan fakta-faktanya. Kerjakan sekarang. Jika anda tidak punya waktu untuk mengirim surat kepada teman yang sakit, kirimkan kartu, faksimil atau e-mail. Jika anda tidak bisa mengunjungi ibu anda, teleponlah dia. Jika anda lihat sebuah hadiah yang pasti disukai teman anda, belilah untuknya. Jika anda tidak bisa pergi ke gelanggang olah raga atau dojo selama sembilan puluh menit, pergilah kesana selama empat puluh menit saja.

   Hindari tidak melakukan sesuatu karena anda tidak bisa mengerjakannya tepat seperti yang anda rencanakan semula. Beranikan diri anda dan biasakan mengerjakan sesuatu. Berjalanlah sepanjang satu blok. Bayarlah tiga tagihan. Ambil lima belas menit untuk pekerjaan rumah anak anda. Amalkan lima dolar anda. Usaha-usaha kecil yang dikerjakan secara terus menerus akan menghasilkan hasil yang signifikan dan positif. Kerjakan saat ini juga mumpung masih ada di pikiran anda. Anda tidak harus sempurna menjalani Prinsip-Prinsip Bertindak. Cukup jadilah manusia tindakan. Anda harus punya lebih dari sekedar niat baik untuk berhasil. Anda harus bertindak. Kerjakan. Mulailah sekarang.

 Jadilah Seorang Pejuang


   Pejuang mempunyai sifat tangguh dalam kesetiaan, kehebatan, ketetapan hati, bersikap, berinisiatif, daya tahan, keberaniaan dan kekuatan tekad. Para pejuang bersifat lembut dalam ketenangan, percaya diri dan pengasih. Para pejuang sering diundang maju manakala yang lain berkeinginan mundur. Para pejuang ada di dalam peperangan dan dalam kehidupan setiap hari.

   Orang lain mungkin bersikap kasar, mementingkan diri sendiri dan bereaksi dengan penuh kebencian terhadap anda. Meskipun demikian, tetaplah sopan.

   Mereka yang anda tolong mungkin mengeluh dan tidak berterima kasih. Meskipun demikian, tetap tolong mereka.

   Kata-kata jujur anda mungkin di bantah dan direndahkan. Meskipun demikian, tetaplah bersuara.

   Keberhasilan mungkin melibatkan banyak kesalahan dan kekecewaan. Meskipun demikian, teruslah berusaha untuk sukses.

   Bantuan anda mungkin terlalu kecil. Meskipun demikian, tetaplah memberi.

   Seorang pejuang adalah teladan, selalu siap untuk berkembang dan melayani orang lain.

 Tunjukkan Integritas


   Sebagai seorang pengikut Prinsip-Prinsip Bertindak, anda adalah orang yang menawan, kuat, bersahabat, dermawan dan berhasil. Akan banyak yang mencari nasehat anda. Mereka akan bergantung pada anda. Punyai keyakinan dan kepercayaan dalam setiap tujuan anda. Ketahui apa yang akan anda perjuangkan dan tidak anda perjuangkan. Jangan berkompromi tentang sesuatu yang baik. Teguhlah pada pendirian dan prinsip anda. Karena anda akan menggunakan nilai-nilai etika anda untuk mengarahkan pembuatan keputusan anda. Integritas berdiri diatas kepentingan pribadi untuk mencapai keberanian moral. Kebohongan hanya akan menimbulkan kebohongan yang lain.

   Penuhi janji anda. Penuhi komitmen anda. Orang-orang ingin tahu dimana anda berdiri dan untuk apa anda berdiri disana. Orang-orang menghormati kejujuran dan ketulusan, tetapi membenci kemunafikan. Tetaplah konsisten. Berbicaralah berdasarkan fakta yang jelas. Yakinkan bahwa kata-kata anda sesuai dengan perbuatan anda. Kerjakan apa yang anda katakan dan kredibilitas anda akan terbangun. Tidak ada kata lain yang lebih kuat daripada “Pegang kata-kataku”

 Tetaplah Fokus


   Di dalam perjuangan hidup, anda akan sering menerima pukulan. Beberapa pukulan tersebut mungkin menyakitkan. Namun hal itu juga akan lewat. Anda adalah pusat dari semesta. Penuhi keperluan anda dulu. Kemudian pergilah ke keluarga, teman, tetangga dan pekerja anda. Bergeraklah ke komunitas yang lebih besar. Jangan gunakan kata menyelamatkan dunia sebagai alasan anda untuk melupakan keluarga anda. Jangan biarkan orang lain menekan dan meburu anda untuk bertindak sebelum anda putuskan mana yang terbaik. Hal terpenting yang bisa diberikan seorang bapak kepada anak-anaknya adalah dengan mencintai ibu mereka.

   Berdirilah dengan lutut agak membengkok. Tadahkan kepala. Bernafaslah yang dalam dari perut anda. Anda adalah bagian yang sangat kecil dari benda-benda yang maha besar. Anda menyatu dengan semesta. Anda adalah segala sesuatu dan bukan sesuatu. Tetaplah tenang, seimbang dan waspada.

 Cintai Banyak Hal


   Kesempatan anda untuk bahagia akan meningkat secara proporsional seiring meningkatnya jumlah sesuatu yang anda cintai. Cintailah banyak hal dan kebahagiaan anda akan meningkat menjadi antusiasme hidup, yang akan memberi efek positif terhadap anda dan mereka yang ada di sekeliling anda. Cari dan nikmati hal-hal yang bisa memberi nilai dan tujuan kepada hidup anda.

   Untuk mencintai banyak hal, anda harus berjiwa petualang. Kehidupan yang membosankan adalah akibat kesalahan anda sendiri. Cobalah hal-hal baru. Buat hidup anda menarik dan menggairahkan. Berbahagialah. Anda harus bisa melihat keindahan dunia dalam skala besar sekaligus detilnya.

   Cobalah: musik, seni, makanan, T’ai Chi, karate, teater, travel, film, matahari terbenam, latihan, teman, taman dan internet. Bukalah cakrawala berpikir anda. Temukan kesukaan anda. Jadikan rumah, kantor dan dojo anda sebagai tempat yang indah untuk dicintai. Terus berusahalah…..

   Ingat betapa bahagianya anda karena mempunyai banyak minat. Kebahagiaan mungkin bukan hasil dari keberhasilan finansial. Kebahagiaan adalah hasil dari mencintai banyak hal dan menghargai apa yang telah anda dapatkan.

 Lupakan Semua Orang


   Tidak semua orang ingin berbisnis dengan anda. Tidak semua orang ingin menjadi teman anda. Tidak semua orang ingin dunia yang damai. Tidak semua orang mau bekerja keras. Tidak semua orang ingin jadi presiden.

   Tidak semua orang cukup pintar untuk jadi ilmuwan roket. Tidak semua orang bisa berlari untuk olimpiade. Siapa yang tertolong dengan kepura-puraan?

   Berusaha untuk mengakomodasi setiap orang adalah sebuah jebakan. Hal itu jelas tidak mungkin bisa dilakukan. Jadilah diri anda sendiri. Orang-orang lebih mengetahui masalah mereka daripada anda. Tidak semua orang mau mendengar alasan atau bahkan bertindak untuk kebaikan mereka. Anda bisa.

 Jagalah Penampilan Anda


   Penampilan anda yang memuaskan menunjukkan keanggunan dan kelembutan yang sederhana. Anda tampil kuat secara fisik, emosional dan spiritual, dan anda tampak bahkan masih mempunyai cadangan kekuatan yang lebih besar. Anda tenang, terkoordinasi dan seimbang Anda mengarahkan dengan keyakinan yang mantap dan mudah. Tenanglah. Pertimbangkan dengan matang. Mantaplah dan waspadalah. Tampillah dengan bagus. Berbahagialah. Tegakkan kepala dan tarik pundak anda ke belakang. Jaga pandangan mata lurus ke depan. Bernafaslah yang dalam. Berbicaralah dengan suara lembut dengan cara yang penuh tenggang rasa. Jangan terlalu sering memotong pembicaraan. Bicaralah yang singkat. Berjalanlah dengan tujuan. Jangan terburu-buru. Berjabat tanganlah dengan mantap. Mata anda adalah mata yang bersahabat. Anda bersikap hormat. Tersenyumlah yang tulus. Anda menunjukkan gaya dan kelas. Kesan pertama tak akan terlupa.

   Sesuatu yang anda inginkan akan datang sebagai hasil dari sikap baik dan ketekunan anda. Berhentilah sejenak dan nikmati saat-saat itu. Mulailah bekerja

 Lakukan Yang Anda Rasakan


   Ketika anda sedang senang melakukan sesuatu, maka saat itu adalah saat terbaik untuk melakukannya.

   Jika anda bahagia, tersenyumlah.

   Jika anda berani, bertindaklah.

   Jika anda mendapatkan layanan yang bagus, pujilah.

   Jika anda merasa bersemangat, lakukan sesuatu yang positif.

   Jika anda mempunyai lelucon yang bagus, ceritakan.

   Jika anda mempunyai kelebihan, beramallah.

   Jika anda ingin kaya, menabung dan berinvestasilah.

   Jika sesorang perlu pertolongan, bantulah atau berkatalah yang lembut.

   Jika anda berjanji, tepatilah.

   Jika anda ingin melihat sesuatu menjadi lebih baik, berikan suara anda pada wakil anda.

 Hargai Daya Tarik Anda


   Dengan mengikuti Prinsip-Prinsip Bertindak, anda akan menjadi orang yang ber karisma dan menarik Para siswa akan ingin belajar dari anda, atasan akan mempromosikan anda, bank akan meminjami anda uang dan para pelanggan akan membeli produk dan jasa anda.

   Daya pikat anda akan menjadi bekal anda yang tulus dalam membantu orang lain mencapai tujuan-tujuan mereka, apakah itu menjadi peraih sabuk hitam atau agar mampu membeli mobil. Dengan tidak menjadi salesperson, namun customer service, anda akan lebih banyak menjual. Karisma tidak berasal dari luar. Karisma berasal dari dalam. Jujurlah. Jadilah diri anda sendiri. Contohlah perilaku ini dan anda akan disukai oleh banyak orang — segera.

 Kembangkan Rasa Humor Anda


   Di segala bidang kehidupan, kelucuan yang spontan, tawa yang tulus, senyum dan rasa humor yang hangat selalu di hargai. Agar menjadi orang yang pintar ber humor, sering ceritakan humor. Praktikkan. Tirulah komedian yang anda kagumi atau teman-teman anda. Mulailah mengumpulkan lelucon.

   Pastikan selalu bahwa lelucon anda bukan lelucon kotor dan tidak menyerang. Fokuskan pada subjek lucu yang universal —- anda. Kebanyakan humor yang terbaik adalah yang bercerita tentang diri sendiri. Oleh karena itu, anda harus belajar menertawai diri sendiri. Dalam perjalanan anda menuju sukses, akan anda temui banyak sandungan dan kegagalan, yang menyediakan banyak kesempatan kepada anda untuk mengubah hal-hal yang tidak diharapkan tersebut menjadi bahan lelucon pengurang stress. Jangan terlalu terganggu oleh masalah-masalah kecil. Jadikan masalah-masalah tesebut sebagai bahan tertawaan. Selalulah ramah. Humor akan menambah daya tarik anda.

 Berterima Kasihlah


   Hidup tidak mungkin berjalan persis seperti yang anda inginkan. Anda akan mengalami saat-saat jatuh bangun dan menghadapi rintangan. Anda akan mempunyai kesempatan berlatih untuk tidak mengeluh dan sabar. Namun demikian karena anda berfokus kepada gambar yang lebih besar, maka anda akan dapat meletakkan kejadian-kejadian yang terjadi setiap hari dalam perspektif nya.

   Bersyukurlah terhadap segala yang anda miliki. Hargai dan terima pujian. Dalam kerangka yang lebih luas, anda seyogyanya bersyukur atas kesehatan yang baik, pasangan yang sangat mendukung, profesi yang menguntungkan, kepatuhan, anak-anak yang sehat, pegawai yang sangat bagus, kemakmuran, keyakinan agama, teman-teman yang setia dan bahkan bersyukurlah atas kemenangan tim olahraga favorit anda. Bersyukurlah atas rahmat yang tentunya masih banyak lagi. Mengapa anda tidak menyempatkan diri menulis surat kepada orang yang telah membuat hidup anda berbeda dan berterima kasih kepada mereka?. Baik dia maupun anda akan merasakan manfaat dari hal tersebut.

   Ketika anda bisa berterima kasih, maka anda bisa membantu orang lain untuk melakukan hal yang sama. Letakkan lilin anda di tempat dimana orang lain bisa memanfaatkannya untuk menyulut lilin mereka.

 Bangunlah Tim Anda


   Saat membangun tim olahraga atau bisnis , jangan takut mengambil mereka yang lebih kuat, lebih cepat, lebih cemerlang, lebih terorganisir, lebih berani, lebih ambisius, lebih lucu atau lebih menyenangkan daripada anda. Mintalah rekomendasi dari orang-orang terbaik anda. Pelajari semangat tim-tim terbaik dimana anda pernah di dalamnya dan bagaimana rekan se-tim anda bekerja sama untuk mencapai tujuan yang sama. Pikirkan tentang wibawa dan hormat yang ditunjukkan oleh rekan tim kepada anggota yang lain. Pikirkan bagaimana anda mampu bangkit kembali dari kekalahan untuk bermain dan menang lagi.

   Anda ingin tim anda di bangun di atas kesempurnaan. Anda ingin tim anda terbentuk dengan anggota-anggota yang mempunyai sifat terpuji dan berkarakter. Tolaklah mereka yang mengajukan keanggotaan berdasarkan hal-hal diskriminatif. Kesempurnaan adalah kesempurnaan dan tidak bergantung pada ras, warna kulit, kepercayaan, negara asal, dsb. Jika sesorang mempunyai kualifikasi terbaik untuk mencapai misi tim, maka merekalah orang yang tepat. Jika tidak, mereka bukanlah orang yang tepat.

 Bernegoisasi Dengan Kekuatan


   Hampir semua hal bisa dirundingkan. Pelajari dan persiapkan segala sesuatunya sebelum anda bertemu. Berbicaralah dengan kewibawaan. Anda harus tahu apa yang anda inginkan dan harus menyadari hal itu sebelum anda mulai bernegoisasi. Katakan apa yang anda inginkan. Jangan berharap pihak lain bisa mengira-ngira apa yang anda inginkan. Pastikan bahwa orang yang anda ajak berbicara bisa mengabulkan permintaan anda. Teruslah gigih. Ambil sudut lain untuk menyerang. Mintalah saran jalan tengah dari pihak lain. Usulkan sebuah kompromi.

   Mulailah proses negosiasi dengan tawaran yang lebih rendah dari yang ditawarkan. Tetaplah masuk akal. Jangan membantah atau mengancam. Hormati posisi pihak lain. Berikan argumen yang logis untuk permintaan anda. Kemukakan pendapat anda dengan jelas dan implikasi-implikasi nya terhadap kedua belah pihak jika persetujuan tidak bisa di capai. Ketika anda telah mengakhiri penjualan atau telah menemukan kesepahaman, berhentilah berbicara, jabat tangan dan teruskan dengan topik netral.

 Tawarkan Dengan Gratis


   Satu kata terbaik dalam beriklan adalah gratis. Jadi berikan dengan gratis dan tunailah hasilnya.

   Jika anda seorang penata rambut dan perlu pelanggan baru, jangan hanya duduk di salon tanpa melakukan apapun. Sebarkan kartu bisnis anda, berikan fasilitas potong rambut gratis dan tunjukkan keahlian anda.

   Jika anda bersabuk hitam, tawarkan belajar bela diri gratis di pabrik anda, di sekolah, di pameran dan dimana saja yang memungkinkan anda untuk melakukannya.

   Jika anda seorang artis, amalkan satu sore anda untuk mengajar seni peran di rumah sakit anak.

   Carilah cara untuk mengatakan “gratis” dan teruslah memberi.

   Jika anda memberi dengan maksud baik, anda tidak harus khawatir dan tidak perlu khawatir tentang keuntungan-keuntungan yang akan anda peroleh. Anda akan merasakan suasana yang menyenangkan. Anda akan merasa di hargai.

   Timbal balik adalah hukum alam yang berlaku terhadap manusia. Jika anda memberi sesuatu kepada sesorang, orang yang anda beri akan merasa berkewajiban untuk memberi sesuatu kembali. Pemberiaan tersebut bisa berupa bisnis baru. Bisa juga berupa perhatian media. Bisa juga berupa surat rekomendasi. Atau bisa juga berupa ucapan tulus “Terima Kasih.”

 Bekerjalah Dengan Sungguh-Sungguh


   Pekerjaan selalu berkembang untuk mengisi waktu yang tersedia. Banyak pekerja yang bekerja hanya untuk sekedar memenuhi standar. Ada yang bekerja hanya sekedar agar tidak di pecat. Beberapa orang bekerja sesedikit mungkin. Tidak ada seorangpun yang menyukai pekerja yang selalu mengeluh dan menyelinap pergi saat yang lain bekerja keras. Orang-orang sejenis ini membukakan jendela kesempatan kepada anda.

   Jangan segan untuk dibebani pekerjaan lebih banyak guna memenangkan kompetisi. Bahkan mungkin sebenarnya anda tidak harus menambah waktu kerja anda. Sebaliknya, jika anda benar-benar bekerja sepanjang jam kerja anda, anda mungkin akan memenangkan persaingan. Jagalah waktu kerja anda; jangan dibuang-buang.

   Namun demikian, jangan terlena dengan kegiatan-kegiatan yang tidak sesuai dengan target anda. Ikuti daftar tugas anda. Jalani dan hargai hari-hari anda sebagai hari- hari yang penting.

 Belajar


   Anda bertanggung jawab atas pendidikan anda. Ketika anda ingin belajar hal baru, pergilah ke perpustakaan. Kunjungi toko buku dan belilah buku-buku serta majalah. Jelajahlah internet. Bergabunglah dengan sebuah klub atau perkumpulan. Temui para ahli di bidangnya. Bertanya dan bertanyalah. Ambil kursus dan bertanyalah pada guru anda. Jangan hanya duduk saja. Jadikan kursus tersebut kursus privat anda. Pada saat memulai pelatihan baru atau memasuki saat-saat sulit dalam studi, mungkin akan muncul momen-momen yang membuat anda tidak senang atau memalukan. Jangan takut atau berpikir bahwa anda kurang cakap untuk berhasil. Setiap orang pernah mengalami saat-saat seperti itu dalam belajar. Berusahalah memahami dasar-dasarnya. Dan setelah itu, jangan dilupakan.

   Hauslah akan ilmu, karena ilmu adalah kekuatan. Anda tidak harus belajar di universitas terkenal, atau membebani diri anda dengan biaya kuliah yang menggunung. Anda bisa mempelajari apapun yang ingin anda pelajari. Itulah hadiah yang anda berikan pada diri anda. Ilmu bisa dibawa kemana-mana. Anda bisa membawanya kemana saja. Mereka yang berilmu akan mengalahkan mereka yang kuat.

 Banyaklah Bertanya


   Cara termudah untuk mendapatkan informasi adalah dengan bertanya dan mendengar jawabannya. Orang tua, teman-teman, siswa dan pemimpin yang baik tidak akan malu bertanya. Jika sesorang tampak kecewa, tertekan atau gelisah, tanyalah mengapa. Tanyalah dan langsunglah ke inti persoalan dan anda mungkin bisa mengoreksi masalah-masalah kecil sebelum menjadi besar. Jika anda di tolak, tanyakan kenapa dan anda mungkin bisa belajar dari penolakan tersebut agar berhasil di usaha berikutnya. Buatlah satu pertanyaan yang bisa mengarah ke pertanyaan selanjutnya. Pertanyaan-pertanyaan adalah batu pijakan untuk pengembangan diri. Satu-satunya pertanyaan yang tidak berarti adalah pertanyaan yang tidak ditanyakan.

   Bagi yang ditanyai, ingatlah bahwa kebenaran tidak pernah takut akan pertanyaan.

 Bacalah Biografi


   Bayangkan jika anda dapat belajar dari rahasia sukses orang-orang besar yang pernah hidup? Ya anda bisa.

   Kehidupan orang yang terkenal maupun tidak terkenal telah tercatat dalam berbagai biografi dan siap untuk anda baca dan pelajari.

   Dari biografi, anda akan temukan kehidupan pemimpin-pemimpin pemerintahan, pengusaha dan para humanis. Anda akan membaca tentang keberhasilan dan prestasi. Anda juga akan belajar berapa kali para pemenang harus kalah dalam perjalanannya menuju kemenangan.

   Saat membaca biografi, anda mungkin mendapat kesimpulan yang mengejutkan tentang betapa banyak kelebihan yang anda miliki. Anda mungkin akan menyimpulkan, “Hei, saya bisa melakukan hal ini.” Anda bisa membuat hidup anda lebih berarti. Biografi membantu anda mencari jalan. Anda hanya perlu pergi ke perpustakaan, toko buku atau menjelajah internet.

 Terbukalah Terhadap Ide Baru


   Pasti selalu ada hal-hal yang bisa anda pelajari lebih banyak. Pegawai anda, keluarga, teman, pensuplai anda, dan bahkan pesaing anda mungkin semuanya mempunyai saran yang bisa anda manfaatkan untuk mencapai keuntungan.

   Terbukalah. Amati, baca dan dengar. Terbukalah terhadap fakta bahwa banyak orang yang mempunyai ide-ide bagus yang patut anda pertimbangkan. Sambutlah mereka. Masukkan ide-ide bagus tersebut ke dalam bisnis anda dan kehidupan pribadi anda.

   Carilah ide-ide baru di buku, majalah, video, audiotape, surat kabar, literature dagang dan di internet. Carilah ide-ide baru di konvensi, seminar, ceramah dan dengan mengikuti kuliah malam. Carilah pengalaman dan petualangan baru. Siapa yang berani akan menang.

   Kita harus melawan ide untuk tidak bisa berubah dan apatis.

 Patuhi Peringatan


   “Tegangan tinggi.” “Kenakan Sabuk Pengaman.” “Maksimal 150 orang.” “Bahaya-Lapisan Es Tipis.” “Jangan Mabuk Saat Berkendaraan.”

   Anda mungkin berharap untuk menjadi orang kebal, tetapi hal itu tidak mungkin. Anda hanyalah manusia biasa dan tubuh anda dapat terluka jika anda tidak berhati-hati menjaga keselamatan fisik anda. Kecelakaan mungkin bisa terjadi di luar kontrol kita. Kecelakaan tersebut memang murni kecelakaan dan terjadi atas tangan Tuhan. Namun kita juga sering diingatkan sebelumnya. Orang yang bijaksana adalah orang yang menghargai peringatan-peringatan tersebut.

   Suatu saat, anda bersama dengan mereka yang tidak perduli tentang keselamatan mereka atau anda. Beranilah. Ingatkan mereka dan setelah itu tinggalkan mereka dengan kebodohannya.

 Amati dan Wasapadalah


   Waktu pertama kali melakukan, pengamatan dan kewaspadaan memerlukan usaha keras anda. Namun jika telah anda lakukan berkali-kali, keduanya akan menjadi insting dan menjadi ketrampilan yang sangat berharga.

   Ambil contoh dalam dunia bisnis. Anda melihat iklan dan mendapatkan ide untuk iklan anda. Anda berbelanja di toko dan mendapatkan ide untuk toko anda. Anda tidak perlu menemukan sesuatu yang telah ada. Jika strategi yang andal telah ada, cari dan cobalah strategi tersebut.

   Ambil contoh kewaspadaan untuk mempertahankan diri. Anda masuk ke gedung bioskop dan tanpa sadar mencatat letak pintu keluar di pikiran anda. Anda berjalan di jalan yang tidak anda kenal dan secara otomatis mewaspadai hal-hal yang tidak biasa.

   Dengarkan pola pidato orang-orang hebat. Diamlah. Berpikirlah dua kali dan bicaralah sekali saja. Jadilah pendengar yang aktif. Tataplah orang yang sedang berbicara. Jangan memotong pembicaraan. Perhatikan bahasa tubuh. Dengarlah dan mereka akan menyukai anda. Anda termasuk orang yang arogan jika tidak mau mendengar. Kepercayaan diri yang ada di pikiran dan tubuh anda akan menciptakan aura karismatis. Bertanyalah. Berusahalah untuk selalu mendapat informasi. Terlibatlah. Bacalah koran, majalah dan buku. Lihatlah berita di TV.

 Baca, Baca, Baca


   Tidak banyak kegiatan yang lebih penting daripada menumbuhkan kecintaan membaca pada anak-anak kita. Membaca adalah anugrah seumur hidup. Jika anda membaca, anda akan selalu mendidik diri anda. Tidak masalah apakah anda membaca dari layar komputer, buku atau dari karya klasik bersampul kulit. Daripada harus kecewa di saat-saat menunggu, mengapa anda tidak S B B (selalu bawa buku), dan manfaatkan waktu itu untuk hal yang bermanfaat.

   Berikan contoh membaca di rumah anda. Anak-anak hanya akan membaca jika mereka melihat orang-tua nya membaca. Simpanlah sejumlah buku, majalah dan surat kabar di rumah anda yang bisa di baca dan di diskusikan oleh setiap orang. Jadikan membaca sebagai salah satu tujuan di keluarga anda dan berikan insentif kepada anak-anak atas kegemaran mereka membaca. Sisihkan waktu setiap minggu untuk kegiatan membaca keras di keluarga. Jadwalkan kunjungan tetap ke toko buku dan perpustakaan. Pastikan bahwa anak-anak terlibat dalam program-program membaca. Biasakan kepada seluruh anggota keluarga untuk memberi buku sebagai hadiah.

 Hormati dan Lindungi Kehidupan


   Siapa yang akan membela dan menyuarakan kepentingan anak-anak, mereka yang di caci maki, mereka yang tertekan atau mereka yang mengalami penderitaan fisik?. Belalah hak-hak mereka yang telah berusia tua, tidak bertempat tinggal, tidak di inginkan keberadaannya, dilupakan, dilecehkan, mereka yang secara mental maupun fisik sakit dan tertekan. Kita yang di beri banyak anugrah, secara moral berkewajiban berbagi waktu, uang dan ketrampilan.

   Tentunya jalan termudah adalah acuh tak acuh dan apatis yang tercermin dalam sikap diam kita. Ketika kita tidak berjuang untuk setiap yang hidup, maka kita sebenarnya merusak kehidupan kita sendiri. Seiring dengan terbitnya abad ke 21, mari kita bertanya. Seberapa banyak alternatif yang sudah kita coba sebelum akhirnya kita menyerah bahkan untuk satu kehidupan saja? Mampukah kita memecahkan hal-hal yang berkaitan dengan masalah-masalah kehidupan secara tulus? Bukankah kita punya cukup waktu, bakat, uang dan cinta untuk mencobanya?

   Mereka yang kuat dan berani harusnya membela mereka yang tidak mampu membela dirinya sendiri. Inilah yang disebut dengan kepemimpinan. Kepemimpinan akan melindungi kehormatan manusia dan membela hak-hak manusia. Kesanalah, atas ridlo Tuhan, saya akan pergi.

  Hormati Angkatan Bersenjata


   Ketika kita berusaha menciptakan perdamaian dunia dan komit terhadap penyelesaian tanpa kekerasan, maka kita harus mengakui bahwa kebebasan kita adalah hasil langsung dari mereka yang berani, baik laki-laki maupun wanita, yang telah berdarma bakti di angkatan bersenjata. Tidak diragukan lagi bahwa tanpa respon yang tegas dari kebenaran, maka kejahatan akan menang. Kita harus tetap siap untuk mendukung mereka.

   Sekali kita mengandalkan prajurit yang tidak bermoral untuk menekan tombol peperangan, maka keamanan kita akan rusak. Sekali kita percaya bahwa pertahanan kita bisa ditinggalkan untuk berkonsentrasi ke hal lain, maka kita akan segera kalah.

   Saat ini, kita bisa melakukan lebih banyak. Di setiap kota terdapat plakat dan tanda-tanda jalan untuk menghormati mereka yang membela kita mempertahankan kebebasan. Mereka pergi dan tidak kembali. Mereka gugur sebagai pahlawan. Mereka gugur demi kita. Namun demikian masih kita biarkan kenangan kita terhadap mereka memudar. Anak-anak sekolah tidak lagi mengetahui cerita-cerita tentang mereka. Kita tidak tahu nama-nama mereka. Bisakah anda mengambil satu pahlawan tak dikenal dari kota anda dan memproklamasikan namanya sebagai seorang pahlawan?

 Hargai Alam


   Kita punya tanggung jawab terhadap generasi masa depan untuk melindungi bumi kita. Udara bersih, air bersih, tempat-tempat terbuka yang hijau, taman nasional dan perlindungan terhadap sumber-sumber alam adalah tanggung jawab kita bersama. Manusia adalah makhluk yang bergantung satu sama lain. Setiap dari kita harus menerima tanggung jawab tersebut dan mengerjakan tugas-tugas kita. Kita bisa menjadi pendukung aktif. Kita bisa mengambili sampah di taman dan jalanan tanpa menggerutu kenapa sampah bisa sampai ke tempat itu. Kita bisa mendaur ulang dan harus mempertimbangkan kembali pembelian dan penggunaan barang yang hanya sekali pakai. Kita bisa menanam pohon. Orang lain akan memperhatikan contoh yang kita berikan. Para pendidik dan orang tua harus bekerja sama untuk mengajarkan dan memberikan contoh tentang pentingnya kesadaran atas lingkungan hidup kepada anak-anak muda dan pentingnya konservasi lingkungan. Melangkah lah dengan pelan dan hati-hati. Sadarlah betapa rapuhnya planet kita.

 Beri Kesempatan Lawan Anda Untuk Menyelamatkan Muka


   Dalam berbisnis, berolahraga atau dalam kehidupan sehari-hari, selalu beri kesempatan lawan anda untuk menyelamatkan muka. Anda menang. Kemenagan itu seharusnya sudah cukup buat anda. Berlebih-lebihan adalah suatu hal yang kontra produktif, karena anda dengan tanpa sadar menunjukkan kepada penonton bahwa anda lah yang kalah. Anda tidak rugi untuk memberi kesempatan lawan anda membuat alasan atas kekalahannya. Dan anda mungkin akan mendapatkan apresiasi dari banyak pengamat.

   Mengejek dan mempermalukan lawan yang kalah bisa menimbulkan konfrontasi lebih jauh, sehingga perselisihan tetap akan mengikuti anda. Lawan yang anda permalukan mungkin berencana menebus kehormatannya yang hilang dengan merencanakan tanding ulang dan dengan membawa sekutu yang lebih banyak serta senjata yang lebih kuat. Dan anda mengubah pertempuran yang seyogyanya cepat selesai menjadi perang yang berkepanjangan.

   Jika anda kalah, kalahlah dengan anggun dan dengan semangat yang baik. Anda tidak tidak mungkin akan selalu menang, tetapi anda bisa selalu melakukan apa yang anda percaya benar. Untuk anda, akan selalu ada hari esok. Jika anda menang, rendah hatilah dengan kemenangan anda, karena suatu saat nanti anda akan menjadi lemah. Kemenangan memberi anda kesempatan untuk bisa menunjukkan belas kasih dan kerendahan hati.

 Berterima Kasihlah Kepada Leluhur Anda


   Belajar adalah proses pencarian. Biasanya, pencarian diri ini berdasar pada usaha coba-coba dan gagal serta berdasar pada pengalaman mereka yang telah mendahului kita. Mereka yang hidup di jaman pra sejarah, yang harus berkelana mengadu nasib, keluar dari kehangatan api unggun kelompoknya. Leluhur yang mendambakan kehidupan yang lebih baik di seberang lautan. Keingintahuan dan keberaniaan orang lain telah memberi kita pengetahuan untuk menjalani kehidupan yang panjang dan nyaman. Manusia sekarang menjadi lebih kuat dan lebih bisa beradaptasi daripada manusia sebelumnya. Apapun harapan yang ingin anda raih, segala sesuatunya akan lebih mudah berkat kerja keras dan usaha mereka yang mendahului kita.

   Berterima kasihlah kepada para penjelajah dan ilmuwan. Berterima kasihlah kepada seluruh guru yang mewariskan cinta dan antusiasme akan pengetahuan kepada kita. Berterima kasihlah kepada orang tua anda. Berterima kasihlah kepada mentor pribadi anda. Berterima kasihlah kepada siapapun yang memberi manfaat kepada anda.

   Hormati mereka yang bekerja kepada anda.. Suatu hari, anda akan berangsur tua dan menghargai imbalan dari kebaikan orang lain. Berterima kasihlah kepada leluhur anda.

 Praktikkan Perdamaian


   Perdamaian berasal dari diri kita masing-masing. Kita menemukannya di saat-saat hening kita, ketika sedang berefleksi. Kedamaian ini terlihat dari sifat pengertian dan pemaaf yang kita praktikkan satu sama lain. Kita hanya bisa mengajarkan kedamaian dengan menjadi contoh perdamaian itu sendiri. Karena adanya kedamaian dalam diri kita, maka kedamaian tersebar ke semua yang kita hadapi. Kedamaian tidaklah berada di tempat yang jauh tetapi di sini, saat ini juga.

   Kedamaian tidak terlahir dari kelemahan. Kita harus praktikkan perdamaian. Sebagai manusia tindakan, kita harus menjadi pembela perdamaian. Kita harus tetap waspada dan siap, dan mau serta mampu mengambil tindakan untuk melindungi mereka yang ada di sekeliling kita dari ancaman mereka yang berbuat semena-mena. Musuh perdamaian tidak boleh pernah puas karena sifat apatis kita atau tidak boleh pernah merasa bersemangat karena keragu-raguan kita.

 Buat Setiap Orang Merasa Penting


   Mengajarlah dengan antusias dan kecintaan anda kepada bidang anda akan tersebar ke segala penjuru. Jual produk atau jasa anda dengan antusias dan perusaahaan anda akan tumbuh. Anggap bahwa siswa-siswi, pegawai dan pelanggan anda adalah orang yang sama dengan anda karena memang seharusnya begitu. Berbicaralah dengan, bukan pada atau ke siswa atau pelanggan anda. Ketahui nama mereka dan panggilah dengan nama mereka.

   Buat setiap orang yang anda temui merasa penting. Anda tidak bisa memilih-milih untuk menyukai seseorang. Jika anda berusaha untuk menyukai beberapa orang dan tidak pada beberapa orang yang lain, suatu saat nanti anda akan dianggap sebagai seorang yang bersifat palsu, dan tak seorangpun akan mau berbisnis dengan orang yang bersifat palsu.

   Ketika anda berbicara kepada orang lain dengan tinggi hati, anda akan bergeser dari produk atau inti pembicaraan ke perilaku anda yang merendahkan.

   Dengarlah. Sabarlah. Perhatikan. Jangan memotong pembicaraan atau gelisah. Buatlah kontak mata. Tersenyumlah dan mengangguklah untuk memberi semangat. Jangan berusaha mengungguli cerita orang lain dengan dongeng anda yang heroik.

   Orang akan suka dilibatkan dalam proyek dimana dia turut mendesainnya. Bantulah orang lain untuk mengidentifikasi dan mengembangkan kelebihan mereka. Cepatlah saat memuji dan lambatlah saat mengkritik. Carilah kesempatan untuk bisa mengajarkan Prinsip-Prinsip Bertindak kepada orang lain.

 Beramal Dengan Ikhlas


   Ikuti Prinsip-Prinsip Bertindak dan anda akan mendapat anugerah jauh lebih banyak daripada yang anda butuhkan.Anda akan bekerja keras demi tujuan anda dan anda akan disukai. Hanya dengan dua sifat ini saja, anda akan dihargai dengan baik. Kemampuan organisasi akan membuat anda lebih banyak mempunyai waktu dari pada kebanyakan orang. Ketekunan dan kegigihan anda akan menciptakan imbalan finansial lebih banyak dari pada kebanyakan orang. Anda harus mempunyai banyak sebelum anda memberi. Berbagilah atas uang dan waktu yang anda miliki. Kirimkan banyak bunga, permen, email, kartu bertuliskan tangan anda, boneka beruang dan ucapan terima kasih. Tolonglah orang lain. Tersenyumlah. Pujilah. Ceritakan lelucon. Tertawalah. Ingat nama-nama mereka, peristiwa-peristiwa penting dan hari ulang tahun mereka. Dermawanlah dan setelah itu lupakan pemberian anda.

   Ikhlaslah dalam berbagi waktu dan uang anda karena hal itu adalah hal yang benar. Anda akan menciptakan rangkaian tindakan positif yang berupa tindakan dan reaksi. Tidak egois, sifat berbagi, dermawan, murah hati, pemurah, berhati mulia dan sangat ramah adalah pemberian yang berkaitan dengan perilaku bukan uang. Semakin banyak anda memberi, semakin banyak anda akan menerima.

 Berbagi Penghargaan


   Jika anda mengorganisasikan sebuah kelompok untuk membersihkan taman, biarkan setiap orang menikmati ucapan terima kasih. Jika tim olah raga anda memenangkan sebuah kompetisi atau berpenampilan bagus, banggalah, mundurlah dan biarkan setiap orang berkeliling dengan tropi kemenangan.

   Jika tim penjualan anda memenuhi target atau jika departemen customer service dapat memecahkan sebuah masalah yang sulit, ajak setiap orang keluar makan siang. Biarkan setiap orang tertawa.

   Sebagai seorang pimpinan, kepuasan terbesar anda seharusnya adalah karena melihat orang-orang di tim, departemen dan perusahaan anda berhasil. Berbagilah penghargaan dan rasakan kebersamaan. Anda tahu siapa anda. Biarkan yang lain tenggelam dalam rasa bahagia atas pencapaian tujuan. Tunjukkan antusiasme anda terhadap orang lain. Hargai kerja yang luar biasa. Dorong kerja sama. Hadiahnya, anda akan mempunyai banyak teman.

   Apakah kita siap untuk mengatakan,” Ya, kita bisa melakukan lebih banyak lagi. Ya, kita bisa memberi lebih banyak lagi.”?

 Promosikan Prinsip-Prinsip Bertindak


   Prinsip-prinsip bertindak adalah milik anda. Masukkan buku ini ke dalam saku, tas anda atau simpanlah, dan ketika anda mempunyai waktu luang bacalah. Jalan terjelas untuk tidak menyimpang dari perjalanan pribadi anda menuju kedamaian dan kemakmuran adalah dengan terlibat langsung. Seluruh usaha yang anda kerjakan untuk kami akan membantu orang lain dan memperkuat komitmen anda sendiri untuk berhasil.

   Bertindaklah. Sebarkan prinsip-prinsip anda dan bantulah kita membantu orang lain. Anda bisa menceritakan kepada teman kerja atau sahabat anda tentang Prinsip-Prinsip Bertindak. Tunjukkan mereka Success.org untuk belajar lebih banyak. Anda bisa memberikan salinan buku ini kepada seseorang yang anda pedulikan. Pastikan bahwa perpustakaan sekolah dan umum di kota anda telah mempunyai salinan buku ini. Jika anda mampu, belilah dan sumbangkan salinan buku ini ke organisasi sosial dan pendidikan. Yang lebih penting lagi, anda bisa menjadi contoh. Anda harus berbagi keberhasilan dan pengetahuan anda.

 Kerjakan Yang Anda Ucapkan


   Ketika anda menjalani hidup anda dengan kepedulian dan cinta kepada orang lain, maka akan terjadi hal-hal yang menakjubkan. Anda akan terpuaskan. Anda akan merasakan kebanggaan yang hangat dari tindakan anda yang tidak mementingkan diri sendiri, yang kemudian membuat anda rendah hati Untuk mengawalinya, anda harus menempatkan diri sendiri di urutan terakhir. Pemimpin yang sejati berdiri di baris belakang. Katakan apa yang anda maksudkan dan bersungguh-sungguhlah dengan yang anda katakan. Pastikan bahwa ucapan anda sama dengan perbuatan anda.

   Bisakah anda memberi satu dolar kepada seorang pengemis? Bisakah anda mendengar mereka yang di hindari oleh orang lain? Bisakah anda bekerja lembur demi orang tua yang perlu menemani anaknya yang sedang sakit? Bisakah anda mengunjungi mereka yang dipenjara? Mampukah anda membela dan berbicara atas nama mereka yang sedang di ganggu dan di intimidasi? Bisakah anda memperlakukan semua orang sebagai kakak dan adik anda? Contoh anda mungkin akan di tiru orang lain.

   Kemalangan terbesar adalah menjadi orang yang kesepian dan tidak di cintai. Cegah hal ini terjadi., Jika saat ini kita membuat komitmen, maka tuna wisma, mereka yang kelaparan dan jalanan-jalanan yang berbahaya akan tidak ada lagi.

 Ajari Putra- Putri Anda…..


   …. tentang penghormatan kepada seluruh kehidupan.
   …. keuntungan kerja keras dan kesederhanaan.
   …. tentang nilai kebugaran fisik dan kehidupan yang sehat.
   …. tentang jasa-jasa militer dan pegawai negeri.
   …. tentang pentingnya amal dan menjadi sukarelawan.
   …. tentang kebanggaan atas tradisi, tempat tinggal dan negara.
   …. tentang pentingnya kesopanan dan perilaku yang baik.
   …. tentang kekuatan ilmu.
   …. tentang manfaat berpikiran positif.
   …. tentang kekuatan percaya diri.
   …. tentang kepercayaan kepada Tuhan

   Anak-anak hanya akan belajar dari kita, karena kita adalah contoh bagi mereka

 Jadilah Seorang Mentor


   Jika anda ingin belajar dari tangan pertama dan ingin memperpendek proses belajar secara drastis, maka salah satu cara terbaik adalah mencari seorang mentor. Mentor adalah orang yang berpengalaman yang sedang atau telah mengerjakan apa yang anda inginkan dan setuju untuk menjadi pemandu anda. Banyak dari mereka yang berhasil, saat ingat akan perjuangan mereka di saat-saat awal, akan dengan senang hati menjadi mentor anda, khususnya jika anda adalah murid yang antusias dan bisa menghargai. Selain berbagi pengetahuan, beberapa dari mereka menawarkan bonus tambahan dengan berbagi kenalan dan jaringan. Bayangkan anda bisa berkonsultasi dengan partner yang lebih senior, yang telah melakukan hal yang anda inginkan dan tidak perlu membayarnya.

   Karena yang lain mau membantu anda, jangan lupakan potensi anda untuk menjadi mentor. Inilah inti dari Prinsip-Prinsip Bertindak; satu orang menolong yang lain yang kemudian menolong orang lainnya. Bahkan sedikit apapun waktu yang anda berikan, akan berpengarush besar terhadap pendatang baru. Dengarlah kata bijak pengalaman.

 Panggilan Untuk Bertindak


   Mereka yang tinggal di suatu negara, yang membuat negara tersebut menjadi besar. Di setiap negara, manusia-manusia tindakan yang berani dan pengasih harus rela menjadi pemimpin dan menghadapi tantangan pendidikan, hukum, pemerintah, program kesehatan, lingkungan dan hak asasi manusia. Jika anda mempraktikkan Prinsip-Prinsip Bertindak, maka orang-orang ini adalah anda. Meskipun hanya satu, namun contoh anda bisa membuat sesuatu yang berbeda. Mentalitas anda yang kuat mampu memberi keberanian kepada banyak orang yang mungkin menghadapi tangan-tangan setan yang tidak berbelas kasihan.

   Ini adalah panggilan untuk bertindak. Dengan mengikuti Prinsip-Prinsip Bertindak anda akan ditunjuki jalan terang ke arah perdamaian dan kemakmuran dalam kehidupan anda dan kehidupan sesudahnya. Sebarkan.

 Catat Ide-Ide Anda


   Bawalah kartu indeks, komputer genggam atau buku catatan kecil. Pinjam kertas untuk menulis. Ketika anda menjadi orang yang berorientasi tindakan, maka ide-ide positif akan semakin banyak muncul secara teratur. Tulislah ide-ide anda. Anda akan mempunyai banyak ide bagus karena ide-ide anda akan banyak muncul. Kaji ulang catatan-catatan anda sebelum saat-saat hening anda atau sebelum tidur. Anda akan menjadi ahli terapi terbaik bagi anda sendiri. Anda akan menemukan jalan untuk memecahkan masalah-masalah anda, menemukan jalan anda sendiri ke kebahagiaan dan mewujudkan mimpi-mimpi anda. Gunakan sebagian besar waktu anda untuk memikirkan jalan keluar, jangan gunakan sebagian besar waktu anda untuk memikirkan masalah. Catatlah ide-ide anda.

 Jadikan Hari Ini Hari Yang Khusus


   Banyak orang menggunakan beberapa menit pertama setiap harinya untuk termenung, berrefleksi. Apa yang terjadi kemarin? Apa yang ingin anda selesaikan hari ini? Apa yang akan menjadi sesuatu paling penting? Hal ini tentunya menjadi prioritas anda untuk dikerjakan. Bagaimana agar hari ini lebih bervariasi daripada sekedar rutinitas anda? Bisakah anda mencari suatu hal kecil yang bisa dikerjakan? Mungkin ada sesuatu yang anda hindari, yang seandainya anda kerjakan hal tersebut, anda akan merasa bangga terhadap diri anda sendiri..

   Berikan sebuah tujuan khusus pada setiap hari-hari anda. Mereka yang tidak berhasil, tidak bahagia, biasanya mempunyai kesamaan pada hari-hari mereka. Apakah ini hari Senin atau Kamis? Apakah sekarang bulan Maret atau Nopember? Apakah sekarang jam 3 sore atau jam 10 pagi? Mereka menghabiskan hari-harinya dalam rutinitas dan tidak ada yang khusus dan berarti.

   Setiap orang punya jumlah waktu yang sama. Bagaimana anda akan menghabiskan waktu 24 jam anda? Rencanakan sebelumnya. Buatlah daftar. Daftar tersebut adalah peta penunjuk jalan bagi prestasi pribadi anda dan kehidupan anda yang seimbang. Selalu bawa kertas dan pulpen. Apa yang anda kerjakan hari ini, adalah untuk membuat hari esok yang lebih baik bagi anda dan keluarga anda?

 Sederhana


   Pisahkan keinginan-keinginan anda dari kebutuhan-kebutuhan anda. Anda bekerja untuk mencapai seluruh yang anda butuhkan, bukan untuk mencapai seluruh yang anda inginkan. Anda tidak harus menghukum diri anda dengan bekerja keras seumur hidup hanya demi status yang merupakan jebakan menyesatkan. Hidup lebih sederhana akhirnya bisa menghasilkan lebih banyak. Semakin sederhana hidup anda, maka hidup anda akan semakin mudah untuk di jaga. Berpikirlah dalam konteks yang tidak berlebihan. Lebih mudah membeli sesuatu daripada menjualnya.Anda bisa membuat hidup anda lebih nyaman dengan menemukan kepuasan dari benda-benda yang telah anda miliki dan membuat harapan-harapan yang masuk akal.

   Jadilah pragmatis. Agar anda mempunyai cukup dana, anda dapat bekerja lebih keras atau memperkecil pengeluaran anda.Mereka yang merencanakan anggaran rumah tangganya dan teguh pada perencanaan tersebut membuktikan bahwa dengan cara pikir dan pengaturan yang sederhana sebelum mengeluarkan dana, ternyata dapat menghemat 10% -15% pendapatan mereka tanpa harus secara serius mengabaikan gaya hidup mereka. Naikkan pendapatan anda dengan hidup sederhana.

 Bertekad Untuk Terus Berkembang


   Carilah cara yang lebih baik untuk melakukan sesuatu di segala bidang kehidupan anda secara terus menerus. Orang-orang Jepang mempunyai sebuah istilah untuk konsep pengembangan diri yang berkelanjutan, kaizen. Kemajuan dan kesuksesan datang kepada mereka yang berlatih dan terus berlatih. Jika anda sadar akan hal itu, anda akan bisa menjadi suami atau istri, putra, putri, teman, majikan, pekerja, atlit dan warga negara yang lebih baik.

   Komitmen datang dari dalam dan sering di uji. Ukurlah diri anda dengan standar terbaik. Kebanyakan orang lain memilih untuk menjadi rata-rata. Itulah arti rata-rata. Anda tidak akan tahu batas kemampuan anda jika anda tidak selalu mencoba. Tolaklah istilah cukup bagus. Bertekadlah untuk menjadi yang sempurna. Teliti satu persatu tujuan anda dan pikirkan bagaimana anda bisa berkembang sebesar satu persen setiap bulan. Keberhasilan adalah sebuah perjalanan. Keberhasilan bukanlah pekerjaan cepat. Kenikmatannya ada pada proses pencapaiannya. Jangan anggap kesuksesan sebagai sebuah puncak yang harus di daki, tetapi sebuah dataran tinggi yang harus dilewati.

   Selalu dorong anak-anak atau pekerja untuk melakukan sesuatu yang terbaik dan tidak berhenti. Pagarilah diri anda dan mereka dengan pagar yang tinggi. Anda semua akan menjadi orang yang lebih baik.

 Jangan Memperumit Masalah


   Jangan memperumit hidup anda. Berpikirlah sebelum bertindak. Pertama, carilah cara dan jawaban yang sederhana yang kecil kemungkinannya untuk salah. Bekerjalah dari hal-hal dasar. Yakinkan bahwa anda mengerti tugas atau masalahnya sebelum anda mulai. Ketahui standar waktu dan kinerja yang mengindikasikan pencapaian yang sempurna. Kaji ulang cara anda melakukan sesuatu. Apakah tugas tersebut menghabiskan seluruh waktu anda? Apakah tugas tersebut sepadan dengan waktu yang anda gunakan untuk mengerjakannya? Apakah anda punya sumber-sumber yang diperlukan? Bisakah tugas tersebut didelegasikan? Jika bisa, apakah anda telah menunjuk orang yang tepat untuk menyelesaikan tugas tersebut? Penelitian anda, waktu-waktu hening anda, komitmen anda terhadap kerja tim dan daftar prioritas tugas anda, semuanya seharusnya membantu anda. Sisihkan yang tidak penting. Bahkan filosofi yang mendasari Prinsip-Prinsip Bertindak ini (the Action Principles) dapat disimpulkan dengan sederhana. Kembangkan diri anda dan bantulah orang lain.

 Berserahlah Pada Kuasa Yang Lebih Tinggi


   Anda membangun hidup anda diatas kepercayaan anda. Anda hargai kepercayaan anda tersebut. Anda tidak takut untuk berkata kepada orang lain tentang kepercayaan anda. Anda mempertahankan dan berdiri pada nilai-nilai positif. Anda berpegang pada etika saat berhubungan dengan orang lain. Anda berdoa dan bermeditasi untuk mendapatkan keberanian guna menghadapi ketakutan-ketakutan anda. Anda berdoa dan bermeditasi untuk mendapatkan kekuatan agar bisa menerima, menahan dan mengalahkan kesukaran-kesukaran dan gangguan-gangguan kecil yang menghalangi langkah anda menuju keberhasilan. Anda merayakan kebaikan-kebaikan yang anda temukan di dunia.

   Dengan kerendahan hati, berserahlah kepada Kekuatan Yang Tertinggi. Anda adalah manusia yang lemah dan dapat berbuat salah. Setiap agama punya cara untuk bersembahyang dan berdoa. Bersembahyang dan berdoa adalah saat-saat anda berhubungan dengan Tuhan. Keberhasilan dan kebahagiaan anda adalah jawaban Tuhan. Bantuan ikhlas anda dalam bentuk apapun kepada orang lain adalah doa anda yang anda wujudkan dalam tindakan.

 Tindak Lanjuti


   Tindak Lanjut bisa berfungsi untuk meyakinkan bahwa anda telah melakukan pekerjaan anda dengan betul. Tindak lanjuti dengan berterima kasih dan menawarkan ide baru. Tindak lanjuti dengan meminta lebih banyak bisnis. Anda akan dihormati manakala anda mengatakan sesuatu yang telah anda rencanakan, dan kemudian anda mengerjakan dengan tepat apa yang telah anda katakan. Tindak lanjut menunjukkan bahwa anda adalah orang yang menepati apa yang anda katakan dan juga menunjukkan bahwa anda adalah orang yang peduli. Tindak lanjut juga menunjukkan bahwa anda adalah orang yang bisa dihubungi kapan saja dan bahwa anda ingin agar garis komunikasi selalu terbuka. Anda mungkin membuat kesalahan dan tindakan lanjutan memberi anda kesempatan untuk membetulkan kesalahan tersebut dan belajar dari kesalahan tersebut. Anda bisa mewujudkan tindakan lanjutan anda dengan misalnya, memberi catatan yang anda tulis tangan secara pribadi atau menghubungi dengan telpon. Hadiah kecil, tiket, makan siang bisa juga dijadikan sebagai bentuk tindakan lanjutan anda. Kenali diri anda dan raihlah imbalannya. Tindakan lanjutan menguatkan keefektifan anda.

 Tulislah Statemen Misi Pribadi


   Buatlah dokumen yang menguraikan tujuan hidup anda. Siapa anda? Nilai-nilai yang anda miliki. Bagaimana anda memanfaatkan waktu untuk membuat hidup anda menjadi bermakna? Anggap bahwa tidak ada kuasa Tuhan atas hidup anda, karena andalah yang menentukan masa depan anda. Anda tidak harus mendengarkan mereka yang berkata bahwa anda terlalu tua, terlalu muda, terlalu miskin, terlalu tidak menarik, terlalu tidak berpendidikan atau punya warna kulit yang salah, jenis kelamin atau kewarganegaraan yang berbeda. Orang-orang tersebut tidak berbicara seperti layaknya mereka yang berpedoman pada Prinsip-Prinsip Bertindak.

   Ketika anda membaca bacaan yang memberi inspirasi di buku lain, majalah atau surat kabar, tulislah atau buatlah kliping. Simpan semuanya di satu folder atau kotak. Bacaan-bacaan tersebut akan berfungsi sebagai sumber motivasi cadangan dan akan membantu anda menciptakan statemen misi pribadi.

   Statemen misi anda harus dalam bentuk beberapa kalimat atau paragrap. Rujuklah statemen misi anda secara periodik dan jangan takut untuk mengubahnya seiring dengan semakin tumbuhnya anda. Statemen misi akan membantu anda menciptakan sebuah pondasi dimana disitulah nanti anda dapat membangun mimpi-mimpi dan tujuan-tujuan anda, dan dari situlah akan lahir sasaran-sasaran anda dan daftar hal-hal yang harus anda kerjakan setiap hari.

 Bagi dan Taklukkan


   Sebuah persamaan umum diantara orang-orang yang berhasil adalah bahwa mereka terfokus pada pencapaian sasaran-sasaran yang perlu ditangani segera. Pisahkan antara yang penting dan mendesak dan sisihkan waktu anda untuk keduanya. Rincilah tugas-tugas besar menjadi serangkaian tugas-tugas kecil dan mulailah bertindak. Disaat saat awal, jangan terlalu memikirkan bagaimana anda bisa mencapai tujuan-tujuan anda. Dengan komitmen, latihan dan kesabaran, cara-cara tersebut akan datang dengan sendirinya. Jawaban akan tampak saat fakta-fakta telah dikumpulkan. Tujuan anda akan berubah menjadi serangkaian sasaran-sasaran yang berorientasi tindakan, yang akan menjadi daftar hal-hal yang perlu dikerjakan.

   Sekarang buatlah prioritas. Jika anda tidak membuat prioritas kegiatan harian anda, maka seluruh kegiatan anda akan mempunyai derajat kepentingan yang sama. Apakah sesuatu telah dikerjakan atau belum jadi bukan masalah lagi bagi anda. Anda ingin kegiatan-kegiatan anda menjadi penting dan mempunyai tujuan yang terdefinisikan dengan jelas. Tulislah daftar kegiatan-kegiatan yang harus anda kerjakan setiap hari (to-do list). Prioritaskan hal tersebut. Kerjakan minimal satu dari tujuan-tujuan harian anda.. Disetiap akhir hari, anda akan bisa rileks dan bersenang-senang atas prestasi anda.

 Tentukan Tujuan

   Jika anda tidak membentuk hidup anda, maka keadaan yang akan membentuknya. Anda harus bekerja, berkorban, berinvestasi dan tekun untuk mendapatkan hasil-hasil yang anda inginkan. Pilihlah dengan hati-hati hasil yang anda inginkan. Anda tidak bisa memulai rencana anda sampai anda tahu kemana anda ingin pergi.

   Anda adalah pencipta bentuk anda sendiri. Sudahkah orang lain melakukan sesuatu yang ingin anda lakukan? Pelajari mereka dan kerjakan apa yang telah mereka kerjakan. Mulai dari mana saja, kapan saja dan tekunlah melakukannya. Jangan khawatirkan pikiran orang lain tentang apa yang bisa dan tidak bisa anda lakukan. Percayalah pada diri anda sendiri dan kemampuan anda. Hadapi situasi yang ada dengan kepercayaan diri. Hidup adalah milik anda untuk anda jalani; hari demi hari, tahap demi tahap.

   Tulislah tujuan-tujuan anda. Hanya tiga persen orang yang menuliskan tujuan-tujuannya dan hanya satu persen yang mengkaji ulang tujuan-tujuan tertulis tersebut setiap hari. Beradalah diantara kelompok elit yang berjumlah satu persen tersebut. Visualisasikan pencapaian tujuan-tujuan anda sesering mungkin. Tujuan adalah mimpi yang dilengkapi dengan tanggal. Anda hanya akan menjadi sebesar dan sebahagia tujuan yang anda pilih.

Oleh: BILL FITZ PATRICK

Leave a Comment »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com. | The Pool Theme.
Entries and comments feeds.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: